PikirCerdas.com – Seorang fotografer telah memenangkan gugatan yang diajukan terhadap Facebook di Jerman. Gugatan mengklaim, praktik Facebook menghapus metadata EXIF dari foto yang diunggah ke layanan telah melanggar hukum hak cipta Jerman.

Saat ini, menurut laporan PetaPixel, Facebook mungkin terpaksa menghentikan praktik tersebut atau berisiko membayar denda untuk fotografer di Jerman. Data EXIF berisi informasi tentang pengaturan exposure, kamera, dan lensa yang digunakan untuk mengambil foto serta informasi hak cipta opsional yang bisa di-input fotografer.

Biasanya, informasi ini tetap dengan foto, bahkan jika file tersebut kemudian disalin dan diubah ukurannya, kecuali seseorang memilih untuk menghapusnya. Karena metadata dengan mudah bisa dilepas dari foto, ada jaminan perlindungan bagi fotografer, tetapi pengadilan Jerman setuju dengan penggugat bahwa itu termasuk tindakan ilegal bagi Facebook karena menghapusnya.

Berita ini datang via pengacara Jerman, jurnalis, dan fotografer Hendrik Wieduwilt. Ia mengatakan, kasus ini bisa memiliki efek pada kebijakan Facebook bahkan di luar Jerman. “Ini bagus untuk fotografer karena itu membuat lebih mudah bagi mereka untuk mengejar pelanggaran hak cipta. Dan, karena secara teknis tidak mungkin, Facebook akan membuat solusi hanya untuk Jerman, ini mungkin memiliki konsekuensi global,” katanya kepada PetaPixel yang dilansir Digital Trends, Kamis (24/11/2016).

Setelah menunggu selama enam bulan tanpa menerima argumen dari Facebook, pengadilan menganggap keputusan itu menjadi akhir. Pada titik ini, Facebook perlu mengubah cara menangani gambar yang diunggah layanan atau mereka berisiko didenda.

LEAVE A REPLY